Kelulusan UKMPPD Periode Februari 2023 FK UPR mencapai 85%

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan satu-satunya ujian yang diselenggarakan oleh negara bagi calon dokter Indonesia untuk mendapatkan gelar dokternya. Dahulu dikenal dengan nama Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). Syarat untuk dapat mengikuti UKMPPD adalah setiap mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan pendidikan preklinik, klinik, dan dinyatakan lulus oleh fakultas kedokteran masing-masing.

Ujian terdiri dari 2 bagian yaitu CBT/Computer Based Test (tes berbasis komputer) dan OSCE/Objective Structured Clinical Examination (tes roleplay dokter dan pasien). UKMPPD dalam 1 tahu dilaksanakan 4 kali, yang diselenggarakan pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Peserta UKMPPD dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar dokter apabila peserta berhasil lulus pada kedua tes tersebut (CBT dan OSCE). Apabila belum keduanya lulus, maka perlu mengikuti ujian ulang di bagian yang belum lulus pada periode selanjutnya (peserta dinyatakan sebagai retaker).

Pengumuman hasil UKMPPD periode Februari 2023 diumumkan di web https://pnukmppd.kemdikbud.go.id, yang melalui Koordinator CBT Center (KCC) FK UPR yang juga Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, dr. Ni Nyoman Sri Yuliani, Sp. GK, disampaikan bahwa ada 23 first taker dan 2 retaker lulus pada periode ini, sehingga angka kelulusan UKMPPD Periode Februari 2023 FK UPR mencapai 85%.

Dekan FK UPR, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh peserta UKMPPD yang lulus pada periode ini